Wow!! Ini Dia 6 Manfaat Dzikir untuk Kehidupan Kita

Wow!! Ini Dia 6 Manfaat Dzikir untuk Kehidupan Kita |Sering nggak tahu harus ngapain saat waktu luang menunggu orang atau menunggu antrian? Jangan biarkan pikiranmu melayang-layang nggak jelas.

Daripada mikir sesuatu yang nggak jelas, mendingan manfaatkan waktu untuk beristighfar. Banyak loh manfaatnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari no. 6307).

Rasulullah Muhammad yang merupakan manusia yang selalu diampuni oleh Allah pun tidak pernah lupa untuk selalu berdzikir, nah mengapa kita yang hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa terkadang lupa untuk berdizikir karena kesibukan dunia. Sesungguhnya berdizikir ini memiliki beberapa manfaat yaitu: 


1. Kebahagian Setelah Kematian
Ketika seorang muslim meninggal dunia, maka harta, istri, anak, dan kekuasaan akan meninggalkannya. Ya, pada intinya sih semua akan meninggalkannya kecuali dzikir kepada Allah lah yang akan selalu bersamanya. Saat itulah amalan baik kita didunia dan dzikir kita kepada Allah Ta'ala akan meberikan manfaat yang luar biasa bagi dirinya.

Imam Ghazaki memberikan ilustrasi menarik akan hal ini "Ada orang bertanya, 'ia sudah lenyap , lalu bagaimana perbuatan dzikir kepada Allah masih tetap kekal bersamanya?"

Imam Ghazali pun menjelaskannya, "Sebenarnya ia tidak benar-benar lenyap, yang juga melenyapkan amalan dzikir. Ia hanya lenyap dari dunia dan alam syahadah, bukan dari alam malakut. Hal ini tertera dalam Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 169-170."
 "Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki(169) Mereka dalam keadaan gebira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang0orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadapa mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS Ali Imran(3): 169-170)

 2. Menjaga diri untuk selalu bertaubat
Membaca istighfar menjaga diri kita untuk selalu bertaubat, karena manusia adalah tempat salah dan dosa.

3. Menghapus dosa dan kesalahan
Terus memperbanyak taubat dan istighfar akan menghapus dosa dan kesalahan yang dilakukan tanpa sengaja.

4. Melancarkan rezeki
Buat yang sering mendapatkan masalah finansial, perbanyak membaca istighfar. Allah SWT berfirman, “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12).

Ayat tersebut menjelaskan secara gamblang bahwa bacaan istighfar bermanfaat untuk melancarkan rezeki.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam juga menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci rezeki dalam hadits yang berbunyi, “Barangsiapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

5. Senantiasa Diingat oleh Allah Ta'ala
 Allah SWT berfirman pada QS Al Baqarah [2] ayat 152 yang artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat(pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku" (QS Al Baqarah [2]:152)

Dalam hadist Qudsi juga disebutkan, "Allah Ta'ala berfirman, 'Aku akan bersama hamba-Ku selama ia mengingat-Ku dan kedua bibirnya bergerak karena Aku." (HR. Baihaqi & Hakim).

Masyaallah, bagaimana kalau Allah yang mengingat diri kita yang dhoif. Rasa senang dan terharu akan senantiasa terpancar pada diri kita.

6. Diliputi kebaikan demi kebaikan
Seorang muslim yang senantiasa berdizkir akan senantiasa mendapatkan kebaikan demi kebaikan.

Rasulullah bersabda,"Tiada suatu kaum yang duduk sambil berdzikir kepada Allah melainkan mereka akan dikelilingi oleh malaikat, diselimuti oleh rahmat dan Allah akam mengingat mereka dihadapan makhluk yang ada di sisi-Nya." (HR. Bukhari)


Semoga dengan artikel ini kita bisa menjadi hamba yang selalu berdzikir, sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam QS. An-Nisa[4]:103 yang artinya:"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat, ingatlah Allah diwaktu berdiri, diwaktu duduk dan diwaktu berbaring"(QS. An-Nisa[4]:103).
 
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: