Ratusan Narapidana Putuskan Jadi Mualaf Di Penjara New York, Begini Ceritanya!!!!

Penjara bukan hanya menjadi tempat untuk menghukum para kriminalitas, tetapi terkadang juga bisa menjadi tempat dimana hidayah datang. Salah satu penjara yang teridentifikasi hidayah datang adalah sebuah penjara bernama Penjara Sing Sing atau Sing Sing Correctional Facility yang berada di Kota New York, Amerika.


Penjara yang pertama kali dibuka pada tahun 1826, memiliki toleransi terhadap kaum muslim yang tinggi dan memperlakukan mereka dengan baik. Tak heran jika banyak narapidana muslim amerika berharap agar bisa dipindahkan ke penjara Sing Sing.

Di dalam penjara Sing Sing ini, seorang narapidana muslim bisa memperoleh kebebasan untuk melakukan kewajiban beribadah.

Diberitakan oleh The New York Times, diperkirakan ada sekitar 250 tahanan muslim dalam penjara tersebut dan mereka melakukan ibadah dengan bebas seperti shalat berjamaah dan berpuasa di bulan Ramadhan.

Menurut perkataan Imam penjara yang bernama Jon Young, hampir 80 persen narapidana di sana merupakan kumpulan mualaf yang memutuskan untuk masuk islam setelah berada di penjara.



Karena agama islam perubahan terjadi dalam diri para napi. Hal tersebut terlihat oleh para jajaran napi dengan berkurangnya kata-kata kasar, lebih rajin beribadah dan memiliki sikap yang positif.

Salah satu napi yang merasakan indahnya agama islam adalah Ivan Seabrooks (41 tahun) yang telah dipenjara selama 13 tahun. Ia memperoleh hidayah masuk islam sekitar 6 tahun yang lalu saat berada di penjara Sing Sing.

Ivan yang dahulunya merupakan seorang pemarah, berubah menjadi insan yang lebih penyabar dan mampu memiliki tujuan hidup. Sehingga ia pun kini mendapatkan gelar sarjana.



Tak hanya memperbolehkan para napi melakukan kegiiatan ibadah di dalam penjara tersebut para muslim pula diberi kebebasan untuk memperoleh ilmu atau pembejaran tentang agama. Karenanya setiap selesai berbuka puasa, Young selaku imam penjara sering memberikan kajian tentang agama islam.

Melihat keadaan ini, banyak para narapidana yang ingin dipindahkan ke penjara Sing Sing. Salah satunya adalah Dontey Middleton (32 tahun) yang kini sudah menempati penjara Sing Sing.



Memang banyak penjara di Amerika yang tidak memfasilitasi keberadaan umat islam. Contohnya di penjara Wende, seorang napi bernama Darryl Holland dipaksa minum untuk menjalani tes urine, padahal ia sedang berpuasa ramadhan. Lantaran menolak, Holland pun ditempatkan di sel isolasi selama 77 hari.

Seharusnya peran penjara memang mencetak pribadi yang dulunya buruk menjadi baik dan hal ini perlu adanya fasilitas dan kebebasan dalam menjalankan ibadah. Sehingga ketika telah bebas, mereka pun dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi agama dan masyarakat. Wallahu A’lam
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: