Shalat Tahajud,Tata Cara Mengerjakannya, dan Manfaatnya

Shalat Tahajud,Tata Cara Mengerjakannya, dan Manfaatnya

     
    Shalat malam (qiyamul lail) adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari. Shalat malam merupakan satu-satunya shalat sunah yang diperintahkan langsung dalam Al-Qur'an san merupakan shalat yang paling utama sesudah wajib. Shalat malam disebut tahajud jika didahului dengan tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar. Dan, jika disebut Tarawih khusus jika berada pada bulan Ramadhan. Adapun shalat witir adalah shalat malam yang jumlah rakaatnya ganjil. Shalat witir biasa dijadikan sebagai penutup shalat malam.
    Jumlah rakaat shalat tahajud paling sedikit dua rakaat, sedangkan shalat witir paling sedikit satu rakaat. Adapun jumlah shalat tarawih adalah delapan rakaat, dan dirangkai dengan shalat itir tiga rakaat sehingga jumlah rakaatnya menjadi sebelas rakaat. Berbeda dengan shalat lainnya , shalat tarawih dilakukan empat rakaat dalam satu salam tanpa tasyahud awal.
    Diantara dalil yang menunjukan keutamaan shalat malam adalah firman Allah:

Artinya| Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS.Al-Isra':17)


   Adapun waktu untuk melaksanakan Sholat Tahajud adalah dimulai setelah Sholat Isya’ sampai sebelum masuknya waktu Sholat Subuh, dengan pembagian seperti berikut ini:
Waktu Sholat Tahajud
1. Sepertiga malam pertama mulai dari setelah sholat Isya’ sampai jam 22.00
2. Sepertiga malam kedua mulai dari jam 22.00-01.00
3. Seperti malam ketiga/terakhir mulai dari jam 01.00 sampai sebelum masuk waktu Sholat Subuh.

    Dari semua penjelasan yang saya uraikan di atas, dapat kita ambil satu poin yang sangat penting, yaitu bahwa setiap Sholat Tahajud sudah pasti sholat malam. Akan tetapi, sholat malam belum tentu sholat tahajud. Hal yang membedakan antara Sholat Tahajud dengan sholat malam lainnya adalah sholat tahajud harus dikerjakan setelah bangun tidur.
Adapun cara untuk melakukan Sholat Tahajud adalah sebagai berikut.
1. Membaca Niat Sholat Tahajud; Ushalli sunnatat-tahajudi rak’ataini lillahi ta’aalaa. Yang artinya; Aku niat Sholat Sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah.
2. Untuk tata caranya/gerakannya sama halnya dengan sholat fardhu ataupun Sholat Sunnah lainnya. Dianjurkan juga untuk setiap 2 rakaat salam, sebagaimana dengan sabda Rasulullah yang artinya;
“Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan kemudian bertanya, ‘wahai Rasulullah, bagaimana cara melakukan sholat malam? kemudian Rasulullah menjawab; ‘Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat). (HR. Muslim)
3. Setelah selesai melakukan Sholat Tahajud bisa ditutup dengan Sholat Sunnah Witir
Tidak ada doa khusus yang harus dibaca setelah Sholat Tahajud, dengan kata lain kita bebas menentukan doa apa yang ingin munajatkan kepada Allah Azza wa Jalla. Akan tetapi, ada sebuah doa yang sering diamalkan oleh Rasulullah selepas Sholat Tahajud.
Doa Sholat Tahajud yang dicontohkan oleh Rasulullah (dalam bahasa Arab).
Doa Sholat Tahajud yang dicontohkan oleh Rasulullah (dalam bahasa Indonesia).
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
Arti doa Sholat Tahajud
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

   

Manfaat Shalat Tahajud

 Setidaknya, ada beberapa manfaat shalat tahajud yang disampaikan dalam penelitian, yaitu.

1. Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa

    Seperti yang disampaikan di atas, shalat tahajud adalah ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini mendekatkan diri seorang manusia kepada pencipta-Nya, Allah SWT. Bisa dibilang sholat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa seseorang. Mereka pun pastinya memperkuat iman dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar maupun kecil. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa shalat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

2. Tanda takwanya terlihat di muka

   Orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan terlihat bersinar wajahnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah SWT. Tanda-tanda ketakwaan tersebut selalu terlihat oleh orang-orang di sekitar mereka. Hal tersebut bisa jadi pelecut semangat bagi kaum muslimin yang lain untuk selalu melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud tetap menjaga keimanan seseorang teguh kepada sang Maha Penyayang.

3. Melancarkan aliran darah di tubuh

    Shalat tahajud biasanya dilakukan pada pukul 03.00 pagi. Setiap muslim umumnya terbangun pada jam tersebut untuk mengerjakan sholat tahajud dan beribadah pada Sang Pencipta. Ibadah ini nyatanya tak hanya sekedar berbagi keluh kesah, namun memberikan udara segara bagi seluruh organ tubuh. Ketika itu, udara di atmosfer masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita pun menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar. Oksigen segar akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada pagi berikutnya. Hanya orang-orang yang terbangun untuk melaksanakan sholat tahajudlah yang bisa merasakannya.

4. Membesarkan rongga paru-paru

    Manfaat gerakan shalat nyatanya memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal tersebut diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. Kerap kali kita merasakan paru-paru jauh lebih lapang daripada sebelumnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu olah napas yang sangat baik selain berolahraga.

5. Jaminan masuk surga

    Rasulullah pernah mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. Hal ini sempat pula diriwayatkan dalam salah satu hadits, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

    Tetapi jaminan ini akan menjadi sia-sia bila kita tergoda oleh hasutan syaitan untuk  berbuat tindakan tercela.

6. Pikiran jauh lebih segar

    Bangun tidur pastinya Anda memiliki pemikiran yang jauh lebih jernih. Bayangkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100.000 kali dan bernapas sebanyak 20.000 kali. Setiap organ tersebut memerlukan waktu istirahat yang cukup. Nyatanya tidur adalah istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan begini, seluruh organ tubuh akan beristirahat dari setiap tugas beratnya. Tidur membantu tubuh memulihkan sel yang sempat terganggu, menambah kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik. Alasan tersebutlah yang menjadikan shalat tahajud dilaksanakan setelah bangun dari tidur. Pikiran yang jauh lebih fresh dan segar membuat gerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

7. Mendapat keringanan ketika dinasab di akhirat

    Keutamaan lainnya dari shalat tahajud adalah keringanan di hari akhir nanti. Setiap orang pastinya mempunyai catatan dosa dan pahala yang akan diterima di akhirat. Apabila catatan amalnya lebih banyak, niscaya surga tempatnya. Namun bila sebaliknya, sudah barang tentu neraka adalah tempat yang tepat. Bagi kaum muslim yang taat, shalat tahajud bisa menjadi media untuk mendapatkan keringanan ketika dinasab di akhirat. Allah akan memberikan keutamaan ini kepada mereka yang memohon ampun dan berdoa di sepertiga malam.

8. Memperoleh cinta Allah

    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Sebagaimana Beliau bersabda pada Abu Darda’ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. Kaum mukmin tersebut memutuskan meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah. Segala pengampunan doa diberikan Allah kepada orang-orang tersebut. Tentu saja cinta Allah kepada orang-orang shaleh tak berputus hingga hari akhir dan perhitungan nanti.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

     Secara bio-teknologi, penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Di samping itu, bagi para penderita kanker akan merasakan manfaat lainnya, yaitu menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda. Pada bidang ini pula dikatakan bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah. Alasan inilah yang menjadikan mengapa shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat sekalipun. Anda akan merasakan begitu banyak manfaat dalam gerakan shalat malam tersebut.

10. Shalat yang paling afdol setelah 5 waktu

    Kewajiban setiap muslim dan muslimin di seluruh dunia adalah mengerjakan shalat 5 waktu. Allah SWT menyukai umat-Nya yang selalu mengingat-Nya baik dalam keadaan senang maupun sedih. Tak ada tempat berbagi ataupun mengadu yang lebih baik selain kepada Allah SWT. Shalat tahajud menjadi salah satu ibadah yang paling afdol setelah shalat 5 waktu. Shalat tengah malam memberi kesempatan kepada Anda untuk beribadah lebih khusyu’. Waktu tersebut juga sangat tepat untuk berkeluh kesah dan memohon ampunan dari Sang Pencipta.

   Demikianlah penjelasan tentang Shalat Tahajud,Tata Cara Mengerjakannya, dan Manfaatnya, semoga menjadi referensi dan menjadi bermanfaat bagi kawan semuanya, Aamiin.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: