MENJAWAB!!!!Apakah Air Zamzam Memiliki Kekuatan Ajaib?

Cerita sumur air Zamzam tak bisa dilepaskan dari cerita perjalanan istri Nabi Ibrahim saat ingin menemukan air untuk anak laki-lakinya, Nabi Ismail.


Laman Al Arabiya mendeskripsikan kisahnya diawali terbentuknya sumur air Zamzam itu. Pertama-tama Nabi Ibrahim menerima perintah Allah untuk meninggalkan isterinya, Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail di Mekkah yang pada kala itu masih daerah yang sepi dan gersang.

Karena habisnya persediaan air untuk minum dan makanan mereka, Hajar mulai mencari air.

Dia mendaki Bukit Safa, yang dekat darinya, untuk memantau apakah ada orang yang lewat. Namun, dia tak melihat seorang pun.

Hajar pun turun dan menuju ke Bukit Marwah. Hajar terus berjalan di antara dua bukit tersebut sampai air tawar yang tiba-tiba merembes dari tanah.

Menurut pendiri Islamic Online University Bilal Philips, sejak kala itu sumber air tersebut terus menerus mengalir sampai membesar dan sekarang ini dikenal sebagai Sumur Zamzam.

Laporan Saudi Gazette menerangkan kedalaman Sumur Zamzam adalah 30,5 meter, dengan 17 meter di antaranya terbuat dari batu granit. Bagian di atas lapisan batu granit adalah kapur dengan sumur buatan.

Kamus Bahasa Arab Al-Waseet menjelaskan nama Zamzam terdengar seperti suara orang yang sedang lapar.

Arti Khusus Zamzam

Demi menghargai perjuangan Siti Hajar, umat Islam memasukkan tradisi yang dinamakan Sa'i selama proses ibadah haji. Para jemaah haji atau umrah akan berlari-lari kecil di antara Bukit Safa dan Bukit Marwah.

" Inti dari penemuan air Zamzam adalah pengulangan pesan Alquran bahwa susah payah akan mendatangkan kemudahan. Ini adalah peringatan akan keajaiban Allah yang datang untuk membantu Hajar pada saat tidak ada yang bisa menolongnya kecuali Dia," kata Philips.

Philips menambahkan, jemaah umrah atau haji dianjurkan untuk minum air Zamzam karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan.

Para jemaah bahkan dipersilakan minum air Zamzam sebanyak-banyaknya selagi berada di Tanah Suci. Mereka juga bisa membawa air Zamzam untuk diberikan kepada keluarga dan teman di tempat asal.

Air Zamzam di Pasar Gelap

Philips menerangkan bahwa air Zamzam hanya mempunyai manfaat kesehatan, termasuk menyembuhkan penyakit. Tapi bukan berarti air Zamzam adalah air yang memiliki kekuatan ajaib.

" Kesalahpahaman itulah yang memicu munculnya pasar gelap. Mereka memperdagangkan air Zamzam secara tidak bertanggung jawab," kata Philips.

Philips menjelaskan banyak yang mempercayai bahwa dengan meminum air Zamzam maka penyakit yang ada bisa langsung sembuh total.

"Itu hanyalah kisah dongeng belaka. Mereka salah mengartikan hadis Rasulullah mengenai air Zamzam," ujar Philips.

"Jika orang percaya penyakitnya bisa sembuh setelah minum air Zamzam, berarti dia percaya itu karena airnya. Padahal tidak seperti itu. Dia seharusnya yakin bahwa Allah yang memberinya kesembuhan, dan air Zamzam hanyalah pintu masuk atau kanal untuk kesembuhannya," ujar Philips.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: