7 Keuntungan Melaksanakan Shalat Dhuha yang Menajubkan

Istilah ‘Dhuha’ dapat ditemukan di beberapa tempat dalam al-Quran, antaranya dalam surah Thaha:59, AI-Araf:98, dan An-Nazi’at: 46. Perkataan ‘dhuha’ diartikan sebagai ‘pagi hari’ atau sebagai ‘panas sinar matahari’, di tempat lainnya dalam surah Thaha:119.

Istilah Dhuha juga mencakupi kedua-dua makna itu sehingga diertikan ‘sinar matahari di pagi hari’ (as-Syams:1). Pada tempat lain (an-Nazi’at :29), kata ‘dhuha’ diertikan sebagai ‘siang yang terang’.
 
 Pada awal surah Ad-Dhuha, Allah berfirman, ‘Demi waktu Dhuha’. Imam Arrazi menerangkan bahwa jika Allah SWT bersumpah dengan setiap sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar kelebihannya.  
 

Apakah kelebihan mendirikan shalat sunah Dhuha?
 
1- Sebagai Wasiat Dan Sunnah Rasulullah
Rasulullah SAW berwasiat kepada umatnya untuk merutinkan shalat sunah Dhuha.
“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa ia berkata;
‘‘Kekasihku (Rasulullah) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, solat Dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan solat witir’.”
Hadis Riwayat Bukhari.

2- Sedekah bagi Seluruh Sendi Tubuh Manusia

“Diriwayatkan dari Buraidah bahwa ia berkata, Aku telah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Pada diri manusia terdapat 363 ruas. Ia memiliki kewajiban bersedekah atas setiap ruas tersebut.’ Para sahabat bertanya, ‘Siapakah yang mampu melakukan hal itu, wahai Rasulullah?’ Baginda bersabda, ‘Ludah di dalam masjid yang ia timbun (dibersihkan) atau sesuatu (penghalang) yang ia singkirkan dari jalanan. Jika engkau belum mampu, dua rakaat shalat Dhuha sudah memadai untuk mewakili kewajibanmu bersedekah’.”
Selain itu, solat Dhuha juga adalah sedekah yang setanding dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir, berdakwah dan mencegah kemungkaran.

3- Memperoleh Keuntungan (Ghanimah) Yang Besar
Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa yang berwudhu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”
Shahih al-Targhib: 666 

4- Dibangunkan Sebuah rumah di Syurga
Bagi golongan yang rajin mengerjakan solat Dhuha juga akan dibangunkan sebuah rumah untuknya di dalam syurga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW;
“Barangsiapa yang solat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di syurga.”
Shahih al-Jami’: 634
 
5- Mendapat Rezeki dengan Segera
“Diriwayatkan dari Nu‘aim bin Hammar bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Allah berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah kamu berasa lemah untuk beribadah kepadaKu dengan cara mengerjakan solat empat rakaat di awal waktu siangmu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu di akhir harimu’.”
Hadis Riwayat Abu Dawud
 
6- Mandapat Pahala Umrah
Dari Abu Umamah RA bahawa Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah.”
Shahih Al-Targhib: 673 

7- Mendapat Keampunan Dosa Terdahulu

“Barangsiapa yang menjaga sembahyang Dhuhanya niscaya diampuni Allah baginya akan segala dosanya walaupun seperti buih di lautan.”
Hadis Riwayat Ibnu Majah dan at-Tirmidzi 

Oleh itu, sudah jelas akan kelebihan-kelebihan shalat sunah Dhuha ini dan betapa besarnya ganjaran kepada siapa saja yang menunaikan shalat sunah ini, bahkan lebih besar keistimewaannya kepada mereka yang beristiqamah mengerjakannya.
Semoga shalat sunah Dhuha ini menjadi sebagian daripada amalan hidup dalam mencari keridhaan Allah SWT.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: