7 Masjid Terbesar Di Dunia, 2 Diantaranya Dari Indonesia Looooo!!!!

Masjid adalah sebuah tempat peribadatan umat muslim yang tentunya sangat diagungkan seperti tempat peribadatan umat agama lain. Sebagai tempat dan bangunan yang suci, masjid tentunya memiliki cerita sejarah dan nilai keindahannya masing-masing. Berikut akan di paparkan 7 masjid terbesar di dunia yang salah satunya ada di Indonesia lo..:

1. Masjid Al-Haram (Masjid Suci atau Masjid Agung), Mekkah, Arab Saudi ( 4 Juta Jamaah)
Masjid terbesar yang pertama adalah Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) di Kota Mekkah, Arab Saudi. Mesjid Al-Haram memang merupakan masjid yang paling utama dan terbesar di dunia ini. Luas masjid ini sendiri tercatat mencapai 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) yang meliputi ruang berdoa outdoor dan indoor. Dengan luas sebesar ini, maka masjid ini akan mampu menampung hingga 4 juta jamaah selama musim haji, salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima.

Masjid yang terus diperluas areanya untuk bisa menampung jamaah haji lebih banyak ini memang sangat bersejarah. Pasalnya di dalam masjid ini ada Ka’bah yang merupakan arah kiblat sholat bagi seluruh umat muslim di dunia. Masjid ini menjadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Ini karena tempat ini selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah didalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Masjid ini juga punya keunikan jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya yaitu tidak dipisahkannya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah di Al-Masjid Al-Haram ini.

2. Al-Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi (1 Juta Jamaah)
Masjid terbesar kedua yang ada di Arab Saudi dan di dunia adalah Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini juga memiliki sejarah yang penting bagi umat Islam. Pasalnya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ini merupakan masjid kedua yang dimiliki umat Islam setelah Masjidil Haram. Selain itu di dalam komplek masjid ini terdapat makam baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi penutup akhir zaman. Masjid ini dapat menampung 1 juta jamaah, dan bisa dikatakan sebagai masjid terbesar setelah Masjidil Haram.
3. Masjid Faisal, Pakistan (200.000 Jamaah)
Sebagai salah satu masjid terbesar di Pakistan tentu saja Masjid Faisal sangat dipandang dan diperhatikan. Bahkan saking besarnya, masjid yang terletak di ibu kota nasional Islamabad ini menjadi masjid terbesar di Asia Selatan. Setelah selesai dibangun pada 1986 masjid Faisal ini kemudian dijadikan sebagai Masjid Nasional Pakistan dan dinamai oleh almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan membiayai proyek ini. Masjid ini dapat menampung sebesar 200.000 jamaah.

4. Masjid Istiqlal, Indonesia (200.000 Jamaah)
Negara kita Indonesia juga memiliki sebuah masjid yang patut dibanggakan. Masjid ini memiliki menara yang tinggi dan indah serta menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid yang bernama Masjid Istiqlal ini berlokasi di kota Jakarta dan dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Nama Istiqlal sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti "Kemerdekaan". Masjid yang mampu menampung hingga lebih dari 200.000 jamaah ini mulai dibuka untuk umum pada 22 Februari 1978.

5. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan (100.000 Jamaah)
Masih di Pakistan. Masjid berikutnya ini adalah masjid terbesar kedua di Pakistan. Bernama Masjid Badshahi di Lahore mempunyai keindahan, semangat, dan keagungan era Mughal. Dari sini maka Masjid Badshahi ini selalu menjadi daya tarik wisatawan. Masjid yang mampu menampung hingga 10.000 jamaah di ruang utama dan 100.000 jamaah di halaman ini tetap menjadi masjid terbesar kedua di Pakistan dan di Asia Selatan.

6. Masjid Agung Surabaya (59.000 Jamaah)
Masjid Nasional Al Akbar (atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya) ialah masjid terbesar kedua di Indonesia yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Posisi masjid ini berada di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Ciri yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.
Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter. Untuk menutup kubah, dipergunakan sebuah produk yang juga digunakan di beberapa masjid raya seperti Masjid Raya Selangor di Syah Alam (Malaysia). Ciri lain dari masjid raksasa ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid tinggi dan besar dan mihrabnya adalah mihrab masjid terbesar di Indonesia.
7. Baitul Mukarram, Bangladesh (40.000)
Masjid nasional Bangladesh yaitu Baitul Mukarram juga perlu diperhitungkan sebagai masjid besar dan indah. Masjid yang didirikan pada 1960-an ini memiliki kapasitas 30.000 jamaah. Karena masjid ini terus penuh sesak dengan jamaah terutama pada bulan suci Ramadhan maka pemerintah Bangladesh pun harus melakukan penambahan luas area masjid hingga ke bagian ekstensi masjid. Dari sini maka kapasitas masjid ini pun saat ini telah bertambah kapasitanya menjadi 40.000 jamaah.


Masjid besar dengan kapasitas jamaah banyak tak akan berarti bila hati yang dekat dengan masjid sedikit. Budayakan beribadah masjid guys, dengan kita menyejahterakan masjid, insyaAllah Allah juga akan menyejahterakan kita dalam menjalani kehidupan. Aamiin
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: