7 Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur, Nomor 6 Paling Menajubkan!!!!



Berwudhu, meski sederhana, tetapi mempunyai manfaat yang begitu besar. Bahkan juga ulama fikih menerangkan hikmah wudhu sebagai sisi dari usaha untuk pelihara kebersihan fisik serta rohani.

Serta pasti setiap perintah Allah SWT itu mempunyai hikmah kebaikan dibaliknya. Dalam sekali kesibukan berwudhu, lima panca indera terserang semuanya tanpa ada terkecuali disapu oleh air wudhu. Mata, hidung, telinga & semua kulit badan. Ini benar-benar luar biasa!.

Muhammad Kamil Abd Al-Shomad, mengutip sumber dari Al-I’jaz Al-Ilmiy fi Al-Islam wa Al-Sunnah Al-Nabawiyah, menerangkan kalau kegunaan segalanya yang diperintahkan dalam wudhu sangat besar untuk badan manusia. Dari mulai membersihkan tangan serta menyela-nyela jari, berkumur-kumur, memasukkan air kedalam lubang hidung, membasuh muka, membasuh ke-2 tangan hingga siku, menyeka kepala, membasuh telinga, sampai membasuh kaki sampai mata kaki.

Lantas, bagaimana bila berwudhu dikerjakan sebelum tidur? Nah, beberapa ahli kesehatan didunia selalu menyarankan supaya kita mencuci kaki, mulut, serta muka sebelum tidur. Bahkan, beberapa ahli kecantikan menghasilkan obat supaya bisa melindungi kesehatan kulit muka saat tertidur.

Selain itu pastinya saran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab saat seseorang tertidur dalam kondisi suci. Bila seorang ada dalam kondisi suci, bermakna ia dekat dengan Allah. (InsyaAllah)



Manfaat Wudhu Sebelumnya Tidur 

1. Merilekskan otot-otot sebelum beristirahat.

Mungkin tidaklah terlalu banyak penjelasan. Dapat dibuktikan dalam pengetahuan kedokteran kalau percikan air dalam  wudhu itu adalah satu cara langkah mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam bekerja seharian.

2. Bebas dari kuman jahat

Kuman jahat mampu tumbuh dan berkembang dimana saja. Bahkan di setiap gagang pintu anda, di atas sprei, maupun di tempat nonton televisi anda merupakan tempat perkembangan kuman yang baik. Oleh sebab itu, anda di haruskan untuk selalu dalam keadaan bersih. Apalagi ketika tidur.

Salah satu solusinya adalah dengan wudlu sebelum tidur. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wudhu mampu mengurangi kuman kuman yang hidup dalam tubuh anda.

3. Struktur wudhu memang menyehatkan

Wudhu berarti membersihkan diri anda. Baik dari kotoran, kuman, dan bakteri yang mengenai tubuh anda. Melakukan wudlu yang di mulai dari niat, lalu membasuh kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung serta membasuh kepala sangat jelas berarti membersihkan anggota badan bagian atas.

Lalu di lanjutkan untuk membersihkan tangan sampai siku, lalu ke dua daun telinga, serta membersihkan kaki. Tata cara yang di sebutkan sangat baik untuk membantu anda menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

4. Membantu menjaga kesehatan wajah

Jika pakar kecantikan menghimbau para wanita untuk mencuci muka sebelum tidur, maka Rasulullah menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Kedua sisi ini sebenarnya memiliki essensi sama, yakni membersihkan anggota badan bagian atas.

5. Semakin mendekatkan diri pada Illahi

Berwudlu meeupakan salah satu bentuk ibadah tinggi. Sebab dengan wudlu kita senantiasa menjaga kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi dan menyukai kebersihan. Anda pasti sudah tidak asing dengan hadits yang berbunyi Kebersihan adalah sebagian dari keimanan bukan? Yuk wudhu tiap malam

6. Di doakan oleh malaikat

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu, ketika bangun ia akan di doakan malaikat. Simak berikut haditsnya :

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”.(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

7. Menormalkan detak jantung

Salah satu kegiatan wudhu yang sangat memiliki khasiat mumpuni adalah ketika anda membasahi anggota tubuh ke air. Hal ini mampu membuat kenormalan jantung untuk berdetak lebih stabil. Hasil ini bahkan sudah di teliti oleh Dokter Ahmad Syauqy yang expert di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London.

Alasan Berwudhu itu Baik

Melakukan istinsaq atau memasukkan air ke dalam hidung ternyata bermanfaat untuk kesehatan hidung kita. Mencuci tangan baik sampai pergelangan tangan serta sampai siku yang di ulang hingga tiga kali juga menjaga kita dari kuman kuman jahat. Sebab kebanyakan alat perantara kuman masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Kebersihan kulit serta kelembaban juga bisa terjaga ketika anda sering melakukan wudhu. Menjaga kebersihan daun telinga. Sebab bagian yang jarang di jangkau manusia ketika membersihkan badan adalah daun telinga.

Dan yang terakhir kita menjaga selalu kesehatan kaki, baik dari telapak kaki, jari jemari kaki, serta mata kaki. Begitulah ulasannya mengapa wudhu itu menyehatkan. 

Itulah beberapa manfaat yang di ulas mengenai manfaat berwudlu sebelum tidur. Semoga berguna, jangan lupa wudhu.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: